Tiga Cara Mudah Sharing Printer melalui Jaringan

Tiga Cara Mudah Sharing Printer melalui Jaringan - Memiliki kemampuan untuk ngeprint sesuatu yang Anda telah ketik atau baca adalah salah satu hal yang paling gampang yang dapat Anda lakukan dengan komputer Anda. Dalam beberapa hal, pada kenyataannya, printer Anda adalah bagian penting dari rumah Anda atau jaringan bisnis.

Lain halnya jika Anda ingin print melaui sebuah jaringan yang mana printer Anda hanya ada satu yang terhubung dengan komputer server, maka menyiapkan jaringan Anda adalah langkah pertama, sebelum  mampu mencetak di atasnya adalah masalah lain.

Dalam artikel ini, saya akan membahas beberapa cara termudah bagaimana untuk sharing printer melalui jaringan, serta beberapa dari pro dan kontra dari menggunakan metode masing-masing. Dengan cara ini, Anda akan dapat mencetak dari komputer manapun dalam jaringan Anda, tidak peduli berapa banyak komputer yang Anda miliki atau bagaimana mereka terhubung.

Cara Sharing Printer

Sebelumnya dalam tutorial ini, saya akan menggunakan Windows XP. Anda pasti bisa mencapai hasil yang sama dengan menggunakan Windows Vista / Win 7, tapi navigasi terminologi dan menu mungkin sedikit berbeda.
 

1. USB-Terhubung Berbagi

Ini mungkin adalah metode yang paling banyak digunakan untuk berbagi printer pada jaringan kecil dan kantor rumah. Jika Anda memiliki sebuah printer sederhana yang tidak memiliki port ethernet atau dukungan pencetakan nirkabel, ini mungkin menjadi metode pilihan Anda.
Cara Sharing Printer


Semua printer umumnya datang dengan kabel USB. Jika Anda menghubungkan printer ke komputer di jaringan melalui USB, Anda secara otomatis harus mampu mencetak pada komputer tersebut.
  • Untuk menghubungkan sharing printer, buka ke Printers and Faxes pengaturan di Control Panel. Sesampai di sana, klik kanan printer yang ingin berbagi dan klik Sharing ....
  • Pada tab Sharing, pilih tombol yang bertuliskan Bagi printer ini. Kemudian, ketik nama untuk printer dan tekan Apply atau OK.
  • Sekarang, asalkan komputer Anda terhubung ke jaringan, komputer lain harus dapat melihat dan mengakses printer. Hanya pergi ke halaman pengaturan printer dan klik Add printer. Cari printer Anda baru jaringan dan Anda sudah siap.

Con hanya untuk menggunakan metode ini adalah bahwa komputer Anda memiliki printer yang terhubung ke harus dihidupkan untuk mencetak. Untuk metode tambahan, terus membaca.

Note: Jika salah satu printer di jaringan Anda tidak dapat menggunakan printer, Anda mungkin hanya memiliki masalah dengan instalasi driver. Ambil CD yang disertakan dengan printer Anda dan menjalankannya pada mesin Anda tidak dapat mencetak dari.

2. Wireless Sharing

Jika printer Anda mendukung pencetakan nirkabel, Anda beruntung. Metode akan berbeda antara merek printer, tetapi pada umumnya Anda harus menghubungkan printer ke komputer melalui USB (untuk menginstal driver) dan masukkan pengaturan printer. Masukkan disk yang datang dengan printer untuk menginstal semua perangkat lunak yang diperlukan.

Anda biasanya dapat memungkinkan berbagi nirkabel dengan menekan tombol pada mesin atau menavigasi ke itu melalui menu. Manual printer Anda harus memiliki langkah-langkah untuk melakukan hak ini tertulis di dalamnya atau Anda dapat menemukan secara online. Anda akan perlu mengetikkan kredensial jaringan Anda (password, dll) untuk itu untuk menghubungkan. Ini mungkin dapat menemukan jaringan Anda sendiri.

Note: Anda akan perlu memiliki router nirkabel agar metode ini untuk bekerja. Tanpa router nirkabel penyiaran sinyal akses Anda, printer tidak akan dapat menemukan jaringan Anda, dan Anda harus memilikinya secara fisik terhubung melalui USB untuk mencetak.
 

3. Menggunakan Hub Jaringan

Jika Anda tidak menyukai metode USB (saya tidak akan menyalahkan Anda) dan printer Anda tidak mampu secara nirkabel, Anda dapat memilih untuk menggunakan hub jaringan. Sebuah hub jaringan (atau print server) adalah sebuah kotak kecil yang memungkinkan Anda untuk plug printer Anda ke dalamnya melalui USB. Ini memiliki port ethernet di atasnya sehingga Anda dapat menghubungkan printer Anda ke router atau switch, yang memungkinkan printer untuk dibagi pada jaringan.

Anda mungkin masih perlu menginstal driver printer pada komputer Anda, tetapi jika Anda mencoba untuk menemukan printer pada jaringan dengan pergi ke Tambahkan printer (lihat 1 metode), harus dapat menemukan perangkat.

Note: Seperti yang Anda bayangkan, jaringan hub printer tidak bebas. Anda bisa, bagaimanapun, memilih satu untuk relatif murah. Saya akan menyarankan mencari di sekitar di situs seperti kaskus atau berniaga, atau pergi ke toko komputer lokal Anda.

Kesimpulan

Singkatnya, Anda dapat berbagi printer Anda berbagai cara yang berbeda dan Anda tidak perlu membuatnya sulit. Ini adalah tiga metode termudah saya bisa memikirkan, tapi bagaimana Anda memiliki printer bersama Anda? Apakah ada metode yang mudah saya mungkin telah terjawab? Tinggalkan pikiran dan ide-ide di bagian komentar di bawah ini!

Demikianlah Tiga Cara Mudah Sharing Printer melalui Jaringan, semoga bermanfaat. 

1 Komentar:

lukman said...

info yang bermanfaat.. thanks

Blog Archive

Powered by Blogger.